Peran Guru Terhadap Penggunaan Gadget Dalam Menumbuh Kembangkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar Kristen di Surakarta

Justin Niaga Siman Juntak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa  peran guru dalam menyikapi penggunaan gadget yang sudah semakin meluas di masyarakat guna menumbuh kembangkan motivasi belajar anak Sekolah Dasar yang ada dalam naungan Yayasan Kristen di Surakarta. Dimana gadget menjadi keniscayaan sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan bagi anak-anak jaman sekarang ini,  berawal dari keluarga mereka mengetahui dan belajar menggunakan gadget. Hasil penelitian menunjukkan semua subyek dalam penelitian ini memiliki dua hal yaitu peran guru terhadap penggunaan gadget dan peran guru dalam memberikan motivasi belajar pada anak sekolah dasar. Adapun peran guru terhadap gadget melarang penggunaan gadget di sekolah, penggunaan gadget hanya untuk kepentingan pembelajaran, memberi kebebasan dan batasan waktu penggunaan gadget waktu di rumah, memberikan punishment dan reward kepada siswa. Sedangkan peran guru dalam menumbuh kembangkan motivasi belajar anak sekolah dasar yaitu  menjalin relasi melalui media whatshapp, memberikan waktu pertemuan tambahan dengan para siswa, memberikan informasi materi-materi penting dan bermanfaat yang boleh dibuka oleh para siswa,  tetap menjalin komunikasi antara guru dan siswa, guru dan orang tua murid. Metode yang dilakukan penulis dalam mengumpulkan data adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif.


Keywords


Teacher, Gadget, Learning Motivation, Elementary School Children

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Ali, Mohamad. (1983). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Dimyati, Mujiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Gunarsa, Singgih D. (2004). Gunarsa, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta : Gunung Mulia.

Gunarsa, Singgih D. (2004). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta : Gunung Mulia.

Hamalik, Oemar. (2016). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System. Jakarta: Bumi Aksara.

Iswidharmanjaya, Derry. (2012). Bila si Kecil Bermain Gadget : Panduan Bagi Orang Tua Agar Memahami Penyebab Anak Kecanduan Gadget. Yogyakarta: Beranda Agency.

Marfuah, Hafidhoh. (2018). 101 Rahasia Kesehatan Otak. Jakarta : Gramedia.

Nainggolan, John M. (2007). Menjadi Guru Agama Kristen; Suatu Upaya peningkatan Mutu dan Kualitas Profesi keguruan. Bandung: Generasi Info Media.

Purwanto. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif: Untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sardiman, A.M. (2013). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rajagrafindo.

Sinamo, Jansen. (2012). 8 Etos Keguruan. Jakarta: Institut Darma Mahardika.

Supardan, Dadang. (2011). Pengantar Ilmu Sosial Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta : Bumi Aksara.

Usman, Moh. Uzer. (1990). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Majalah online

Idris, Mohamad Idris. (2017, Desember 1). Menteri Yohana Imbau Orang Tua Perketat Penggunaan Gadget ke Anak. Diterima dari https://news.detik.com/berita/d-3750833/menteri-yohana-imbau-orang-tua-perketat-penggunaan-gadget-ke-anak.

Ibrahim, Ratih. (2012, Mei 29). Anak-anak Makin Lengket dengan Gadget. Diterima dari https://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/ 17/07/10/humaira/ibu-anak/14/04/08/gaya-hidup/trend/12/05/28/m4q9haanakanak -makin-lengket-dengan-gadget.

Nafisa, Adilla Zenara. (2017, Juni 1). Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Gadget. Diterima dari https://www.bangsaonline.com/ berita/34453/dampak-positif-dan-negatif-penggunaan-gadget.

Purbaya, Angling Adhitya. (2019, Oktober 8). Duh! 8 Anak Dirawat Inap di RSJ Semarang karena Kacanduan Gawai. Diterima dari https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-4766635/duh-8-anak-dirawat-inap-di-rsj-semarang-karena-kacanduan-gawai.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PAX HUMANA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN Cetak : 2337-3512 || ISSN Online : 2548-3021

Tim OJS Pax Humana 2016


Google Scholar


Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

Lisensi Creative Commons